Langsung ke konten utama

Gunadarma University

Clock

Laporan Naratif "global warming"

LAPORAN NARATIF KEGIATAN MENDUKUNG PENYELAMATAN BUMI DARI PEMANASAN GLOBAL (GLOBAL WARMING)



Disusun oleh      : Anak Agung Kartika Sari
Kelas                  :  1PA19
NPM                  : 10514983
Mata Kuliah       : Ilmu Budaya Dasar
Nama Dosen      : Ahmad Fatoni



UNIVERSITAS GUNADARMA
FAKULTAS PSIKOLOGI
PTA 2014/2015









KATA PENGANTAR


     Puji sukur saya panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmat dan bimbingan-NYA yang selalu menyertai saya dalam menyelesaikan laporan naratif yang berkaitan dengan  kegiatan saya dalam mendukung penyelamatan bumi dari pemanasan global. Laporan naratif ini saya buat berdasarkan tugas oleh dosen mata kuliah Ilmu Budaya Dasar Bapak Ahmad Fatoni. Selain itu, saya berharap semoga laporan naratif ini dapat bermanfaat bagi semua pihak dan menjadi referensi untuk menambah wawasan. 
     Oleh karena itu, saya mengharapkan kritik dan saran yang membangun dan menjadikan laporan ini menjadi jauh lebih baik. Saya mohon maaf apabia ada kesalahan maupun kekurangan dalam penulisan laporan ini. Atas perhatiannya saya mengucapkan terima kasih.





                  
DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
  1.1 LATAR BELAKANG
  1.2 RUMUSAN MASALAH
  1.3 TUJUAN PENULISAN
  1.4 METODE PENGUMPULAN DATA
BAB II PEMBAHASAN
  2.1 Pengertian Pemanasan Global
  2.2 Penyebab Terjadinya Pemanasan Global
  2.3 Jenis Kegiatan Yang Mendukung Penelamatan Bumi Dari Pemanasan Global
BAB III PENUTUP
  3.1 Kesimpulan
  3.2 Saran


BAB I
PENDAHULUAN 


1.1 Latar Belakang
Pemanasan Global (global warming) pada dasarnya merupakan fenomena peningkatan temperatur global dari tahun ketahun karena terjadinya efek rumah kaca (greenhouse effect) yang disebabkan oleh meningkatnya emisi gas-gas seperti CFC, CO2dan Dinitrooksida(N2O) yang mengakibatkan dampak luas bagi lingkungan. Global warming itu sendiri adalah proses meningkatnya suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan bumi, dimana kenaikan suhu bumi cenderung terus naik, dan kenaikan suhu bumi ini tidak wajar. 
Meningkatnya suhu global diperkirakan akan menyebabkan perubahan perubahan yang lain seperti naiknya permukaan air laut, meningkatnya intensitas fenomena cuaca yang ekstrim serta perubahan jumlah dan pola presipitasi. Akibat-akibat pemanasan global yang lain adalah terpengaruhnya hasil pertanian, hilangnya gletser, dan punahnya berbagai jenis hewan.

1.2 Rumusan Masalah
  1. Apa yang dimaksud Pemanasan Global?
  2. Apa saja penyebab dari Pemanasan Global?
  3. Bagaimana hubungan Pemanasan Global dengan Efek Rumah Kaca?
  4. Apa solusi serta kegiatan mendukung penyelamatan bumi dari Pemanasan Global?
1.3 Tujuan Penulisan
Tujuan dalam penulisan untuk menyelesaikan tugas yang telah diberikan. Selain itu penulisan laporan ini juga untuk membuka jendela pengetahuan tentang permasalahan yang ada saat ini yaitu "Pemanasan Global" yang sudah mulai kita rasakan dari mulai penyebab, dampak, hingga mencari solusi bagaimana mengatasi Pemanasan Global (global warming).

1.4 Metode Pengumpulan Data
Metode yang saya gunakan dalam pengumpulan data yaitu dengan melakukan observasi (pengamatan) secara langsung mengenai faktor-faktor yang menyebabkan global warming (pemanasan global).



BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Pengertian Pemanasan Global
Pemanasan Global adalah proses meningkatnya suhu permukaan bumi hingga mencapai titik yang menganggu keseimbangan bumi yang disebabkan oleh meningkatnya emisi gas-gas seperti CFC, CO2dan Dinitrooksida(N2O) yang mengakibatkan dampak luas bagi lingkungan.

2.2 Penyebab Terjadinya Pemanasan Global
1. Penyebab Global Warming: Emisi karbondioksida dari asap kendaraan 
Satu sisi peningkatan jumlah kendaraan bermotor berdampak positif untuk perekonomian negara, disisi lain hal ini bisa menyebabkan laju global warmingsemakin parah. Emisi karbon dioksida yang dikeluarkan dari kendaraan bermotor dalam jumlah yang massive menyebabkan terjadinya efek rumah kaca dimana ini adalah penyebab utama terjadinya global warming.


2. Penyebab Global Warming: Emisi karbon dioksida dari asap pabrik
Penyebab lain terjadinya global warming adalah emisi karbon dioksida yang dikeluarkan oleh pabrik-pabrik. Asap-asap pabrik yang berupa gas karbon dioksida terbang ke angkasa (atmosfer) dan menjadi sebb utama terjadinya fenomena efek rumah kaca. Sebagaimana yang telh kita ketahui bersama, bahwa efek rumah kaca adalah penyebab utama global warming.


3. Penyebab Global Warming: CFC


4. Penyebab Global Warming: Penebangan pohon
Pada gambar dibawah ini terjadi penebangan pohon. Hal seperti ini sangat memprihatinkan karena fungsi pohon sangat penting. Padahal pohon-pohon yang seharusnya berfungsi untuk menyerap karbodioksida keberadaannya malah terus berkurang oleh penebangan liar.


2.3 Jenis Kegiatan Yang Mendukung Penyelamatan Bumi Dari Pemanasan Global 

Tepatnya hari Kamis tanggal 13 November 2014 saya melakukan observasi langsung untuk mengetahui faktor-faktor penyebab dari pemanasan global yang terjadi khususnya di Indonesia. Dilihat dari sudut pandang seseorang terhadap akibat dari pemanasan global akan dirinya maupun lingkungannya sangat memprihatinkan, karena kebanyakan orang tidak peduli dan tidak memperhatikan apa yang dirinya lakukan terhadap lingkungan sekitarnya. Padahal dari tindakan kecil yang kita lakukan dapat berdampak besar bagi kehidupan manusia. 
Oleh karena itu saya ikut peduli terhadap penyelamatan bumi dari pemanasan global, maka setiap hari Minggu pada saat car free day di Summmarecon Bekasi saya mengajak adik untuk berolahraga dengan bersepeda untuk mengurangi polusi udara. Dengan mengurangi penggunaan kendaraan bermotor secara langsung dapat mencegah global warming.  Kemudian pada saat berbelanja ke pasar swalayan pun saya mengurangi pemakaian plastik yang menggantinya dengan tas belanja yang ramah lingkungan. Pada saat saa bberada di kampus, saya juga melakukan kegiatan untuk mengurangi dampak pemanasan global yaitu dengan cara menghemat penggunaan air, mematikan lampu atau pencahayaan jika tidak diperlukan lagi.

Berikut ini contoh gambar nyata dari kegiatan-kegiatan yang saya lakukan untuk mendukung penyelamatan bumi dari pemanasan global seperti yang saya jelaskan di atas yaitu :


kegiatan saya ketika bersepeda, menghemat energi, 
dan menggurangi pemakaian plastik saat berbelanja

mematikan AC atau bisa juga dengan menurunkan suhu AC . 
Dalam hal ini dapat menghemat energi listrik.

BAB III
KESIMPULAN


3.1 Kesimpulan
Pemanasan global telah menjadi permasalahan utama bagi seluruh masyarakat di dunia. Fenomena ini bukan terjadi atas perilaku alam melainkan terjadi karena akibat dari perbuatan manusia sendiri dan dampaknya pun diderita oleh manusia itu juga. Untuk mengatasi pemanasan global diperlukan usaha yang tidak mudah tentunya. Pemanasan global memang sulit diatasi, namun kita pasti bisa untuk mengurangi efeknya. Penanggulangan hal ini adalah kesadaran diri kita sendiri terhadap kehidupan bumi di masa depan. Apabila kita sendiri telah menanamkan kecintaan terhadap bumi ini, maka pemanasan global hanalaj sejarah kelam yang pernah menimpa bumi ini. Dengan demikian kita harus peduli dalam menjaga dan melestarikan bumi ini. Harus dimulai dari kita sendiri. Kalau bukan kita, siapa lagi?


3.2 Saran
Marilah kita bersama-sama bergotong royong untuk menyelamatkan bumi kita tercinta dengan mendukung kegiatan penyelamatan bumi dari global warming. Stop Global Warming!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kumpulan Sertifikat

Sertifikat 1 Sertifikat ini saya dapatkan ketika saya masih di tingkat 1 semester 2. Waktu itu saya duduk dikelas 1PA19. Bisa terlihat jelas dan tertera di sertifikat tersebut bahwa seminar bidang psikologi ini dilaksanakan di kampus J1 Universitas Gunadarma, Kalimalang, Bekasi. pada tanggal 27 Maret 2015. Dalam seminar ini, saya sebagai peserta. Tema yang diangkat dalam seminar ini yakni  Women and Surroundings:   To Treat and To Be Treated.   Pada waktu itu, dalam seminar ini perempuan yang paling banyak menghadiri seminar ini dibandingkan laki-laki, namun tidak menutup kemungkinan ada juga laki-laki yang hadir untuk mengikuti seminar yang sangat penting ini, termasuk teman kelas saya. Dalam seminar ini lebih membicarakan hal-hal perempuan, dimana banyak membicarakan apa yang dilakukan dan yang seharusnya dilakukan untuk lebih menghormati hak-hak perempuan. Saya lupa sekali siapa pembicara dalam seminar ini, namun yang pasti yang menjadi pembicara tersebut ad

Cerpen "Sebuah Penantian"

Sebuah Penantian     Mengambil  kesempatan di dalam kesempitan, mungkin hal itu yang layaknya sekarang dilakukan. Untuk bertahan hidup di sepanjang waktu. Hari demi hari sudah ku habiskan tanpa seorang ibu yang menemani. Kira-kira lebih dari dua tahun lamanya, ibu bekerja ke luar negeri menutupi seluruh hutang-hutang demi bertahan hidup . Sementara dengan saudara-saudara kandungku disini tak cukup menghilangkan betapa rindu kepada ibu yang jauh disana.     Rindu yang sekian lama dinanti, tapi ibu tak kunjung datang. Walaupun kata-kata ibu di telepon yang membuatku berharap, tapi tetap saja itu menjadi senjata ampuh untuk menarik ku ikut pergi bersamanya. Ibu rela menjadi seorang pedagang demi menutupi semua hutang dan menghidupi anak-anaknya seorang diri. Entah apa yang ada dalam pikiran ibu , begitu kuat dan tegar . Baginya, pekerjaan yang paling mulia adalah menjadi seorang pedagang. Yang melayani setiap pembelinya dengan penuh kesabaran.     “Pokoknya Kathin, kau tak bole

Who is Frank Epperson?

Frank Epperson (1894-1983) Penemu Es Lolipop A pa  kalian kenal es lolipop dan apakah kamu menyukainya? Yaps sekarang kita bahas yuk tentang es lolipop. Es lolipop itu merupakan jenis es yang disangga dengan stik atau batang kayu. Es lolipop ini bisa berupa eskrim, es lilin, atau es bercita rasa buah. Nah tahukah kamu siapa yang pertama kali menemukan cara membuat es lollipop? Beliau adalah Frank Epperson. Bapak Frank berasal dari Sanfransisco, California, Amerika Serikat. Beliau menemukan cara membuat es lolipop tanpa di sengaja ketika usia nya 11 tahun. Kala itu musim dingin, beliau meninggalkan segelas air soda beserta stik pengaduk di beranda rumah nya. Karena suhu udara sangat dingin, keesokan harinya air soda itu membeku  dengan stik tertancap di dalamnya.                              Pada 1922, Bapak Frank memperkenalkan hasil temuanya untuk pertama kalinya. Beliau menyajikan es lolipop di acara pesta dansa petugas pemadam kebakaran . Para pengunju